jump to navigation

Pelatihan Pendamping P2KP Tingkat Kabupaten Ogan Ilir 25 Juni 2012

Posted by bapluh in Kegiatan Bapluh.
trackback


Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) merupakan upaya meman­tapkan atau membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dapat mendukung hidup sehat, aktif dan produktif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan adalah dengan peningkatan peran para penyuluh atau pendamping yang ditugaskan untuk memberi bimbingan kepada kelompok wanita yang menjadi sasaran kegiatan P2KP dalam rangka meningkatkan kualitas konsumsi pangan.

Percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP) merupakan suatu tuntutan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena ketergantungan pangan khususnya pada beras sangat besar, pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan pola makan yang belum beragam, bergizi seimbang dan aman. Disisi penawaran, pertumbuhan produksi pangan khususnya beras cenderung mengalami penurunan akibat pemanasan global. Untuk itu penganekaragaman konsumsi pangan merupakan upaya penting untuk memantapkan atau membudayakan pola konsumsi pangan  beragam, bergizi seimbang dan aman  guna memenuhi kebutuhan gizi untuk mendukung hidup sehat, aktif.

Pada tahun 2012, Badan Ketahanan Pangan akan melaksanakan kegiatan P2KP yang merupakan kelanjutan dari kegiatan di tahun 2010 dan 2011 dengan empat kegiatan utama yaitu:

  1. Pemberdayaan Kelompok Wanita; terdiri dari kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan pengembangan usaha pengolahan pangan lokal
  2. Pengembangan Pangan Lokal; terdiri dari kegiatan pengembangan pangan lokal mendukung pangkin dan kegiatan pengembangan teknologi pengolahan pangan lokal yang dalam hal ini akan bekerjasama dengan perguruan tinggi.
  3. Sosialisasi dan Promosi Penganekaragaman Konsumsi Pangan; terdiri dari kegiatan sosialisasi dan promosi melalui berbagai media cetak dan elektronik, sarana promosi seperti baliho,  poster, banner, booklet, dan leaflet, serta kegiatan sosialisasi kepada para siswa sekolah usia dini (SD/MI).
  4. Pengembangan Rumah Pangan Lestari Pada Kawasan P2KP; terdiri dari kegiatan pengembangan dan keterpaduan pemanfaatan pekarangan model RPL, pengolahan pangan lokal skala rumah tangga, penumbuhan cadangan pangan kawasan, pengembangan kebun bibit desa, dan pengembangan kebun sekolah (SD/MI)

Tujuan dari diadakannya Pelatihan ini adalah :

  1. Meningkatkan kemampuan pendamping dalam menggali, menganalisis kebutuhan dan permasalahan di lapangan serta mengupayakan pemecahannya, dengan memanfaatkan sumber daya/potensi yang ada dalam mendukung pelaksanaan Gerakan P2KP ;
  2. Meningkatkan kemampuan pendamping dalam memandu dan membina kelompok, dengan pola pembinaan Sekolah Lapangan (SL);
  3. Merumuskan materi pelatihan yang akan digunakan pada pelatihan kepada para Petani/Kelompok Tani di lapangan/desa

Pelaksanaan Pelatihan Pendamping P2KP Tingkat Kabupaten Ogan Ilir dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 April 2012 yang bertempat di Pondok KTNA Jl. KTNA Indralaya. Pelatihan ini diikuti oleh 20 Pendamping di tingkat Desa/Kelurahan dari 10 Kecamatan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir yang meliputi Kecamatan Indralaya, Kecamatan Indralaya Selatan, Indralaya Utara, Kecamatan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Raja, Kecamatan Lubuk Keliat, Kecamatan Rambang Kuang, Kecamatan Kandis, Kecamatan Payaraman dan Rantau Alai.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: